Wednesday, June 14, 2017

Cara Melindungi Konten Blog Dengan DMCA Protection

Pada hari ini saya akan menuliskan salah satu cara untuk melindungi konten blog dengan menggunakan DMCA sebenarnya masih banyak cara untuk melindungi konten blog, namun untuk saat ini saya akan memberikan salah satunya saja.

Saya membuat tulisan ini karena saya juga saat masih awal masuk kedunia blogging sekitar tahun 2013, saya mengcopy artikel dari blog lain dengan tanpa sumber dan 100% konten asli dari blog tersebut. Nah maka dari itu, agar kita tidak menjadi korban duplikat artikel yang dilakukan para newbie kita harus melindungi konten kita seaman mungkin. 
Masih mending jika yang menduplikan adalah newbie, karena mereka belum mengetahui SEO dan juga hanya 1 atau 2 saja konten yang mereka ambil. Bagaimana jika yang menduplikat konten kita itu adalah orang yang sudah ahli ? dalam bidang SEO maupun yang lain nya ?

Cara Melindungi Konten Blog Dengan DMCA Protection

Bisa saja artikel kita di copy secara keseluruhan, trik ini dimakan oleh mereka para mastah adalah AGC (Auto Generate Content) atau AutoBlog. Biasanya orang seperti itu adalah para blogger yang tidak mau bersusah payah dan melakukan berbagai macam cara (bahkan cara kotor) untuk mendapatkan uang.
Maka dari itu, saya juga sudah menuliskan salah satu cara untuk melindungi artikel di blog dari AGC / AutoBlog. Namun jika kalina belum menerapkan cara pada postingan saya yang sebelum nya, kalian bisa menggunakan DMCA (Digital Millenium Copyright Act) Protection.
Langsung saja ikuti cara mengamankan artikel blog dengan DMCA :
Langkah pertama yang kalian harus lakukan tentu adalah mendaftarkan blog anda kepada DMCA Protection untuk mendapatkan sertifikat Hak Cipta.

Cara Mendaftarkan Blog di DMCA Protection

1. Anda masuk terlebih dahulu ke website DMCA.
2. Scroll sedikit kebawah, disitu ada form pendaftaran, masukan data diri anda.
Cara Melindungi Konten Blog Dengan DMCA Protection
3. Setelah klik Sign Up, anda akan menerima email berupa username dan password anda untuk login di DMCA. Dan juga link untuk login ke akun anda.
4. Masuk ke akun anda dan klik Add Badges yo Your Site
Cara Melindungi Konten Blog Dengan DMCA Protection
5. Setelah itu anda akan diminta memilih beberapa logo yang telah disediakan, dan diberikan script untuk dipasang di blog.
6. Setelah anda memasang badget logo tersebut, maka proses pendaftaran DMCA sudah selesai dan blog anda sudah dilindungi.
7. Untuk mengeceknya silahkan klik badges logo yang sudah anda letakan di blog anda tadi.
8. Jika masih berstatus unavailable silahkan tunggu maksimal 1 hari.

Cara Melindungi Konten Blog Dengan DMCA Protection
Gambar diatas itu gambar yang belum aktif. Jika sudah aktif akan bertandakan Active pada option Protection Status.
Nah jika situs anda sudah aktif dan pada menu Account Status masih bertandakan Non-verivied, dan ingin menjadikan verivied, anda harus meng upgrade nya ke pro dan tentunya fitur ini berbayar. Namun dengan status yang aktif saja sudah cukup untuk melindungi blog anda.

Demikian artikel saya yang berjudul Cara Melindungi Konten Blog Dengan DMCA Protection jika ada kesalahan kata mohon dimaklumi. Demikian dan terimakasih.


EmoticonEmoticon