Wednesday, June 28, 2017

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Komputer

Jika kalian memiliki file yang sangat penting dan lalu tidak sengaja terhapus atau terdeteksi virus oleh antivirus anda, tentu anda akan panik seketika. Namun ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan jika hal ini terjadi.

Saya juga pernah mengalami hal ini, file penting yang saya miliki terdeteksi sebagai virus dan di hapus langsung oleh antivirus yang saya gunakan. Namun setelah saya cek di file karantina antivirus tersebut, saya menenmukan file saya yang hilang tadi, dan saya mengembalikan file tersebut. Dan masalah pun selesai.

Namun jika masalah yang anda miliki adalah file tersebut terhapus tidak sengaja dan memang bukan terdeteksi sebagai virus, hal itu sangatlah mudah untuk di kembalikan. Anda bisa melihat di recycle bin, dan disana biasanya ada file yang sudah anda hapus.

Dan jika kalian baru saja mengalami kejadian tersebut, contoh anda sedang mengklik suatu folder dan tidak sengaja folder tersebut terhapus. Anda bisa menekan tombol CTRL+Z maka folder yang terhapus tadi akan kembali lagi.

Fungsi dari tombol CTRL+Z adalah membatalkan perintah sebelum nya atau yang biasa disebut undo. Maka dari itu, jika setelah membaca artikel ini, dan delalah kalian tidak sengaja melakukan delete pada file anda, anda jangan langsung pergi ke folder lain atau tab lain. Tekan saja CTRL+Z maka file tersebut akan kembali.

Namun jika memang anda sudah terlanjur meninggalkan tab tersebut dan mencari keberadaan file yang terhapus tadi, anda bisa melakukan cara di bawah ini.

1. Periksa Folder Recyle Bin Untuk Memeriksa File Yang Telah Di Hapus


Setelah anda meninggalkan tab letak file anda terhapus tadi, anda sudah tidak mungkin untuk menekan CTRL+Z untuk mengembalikan file anda. lantas bagaimana cara lain nya ?

Anda bisa memeriksa folder recycle bin, karena memang disana adalah tempat sampah nya komputer / laptop, dalah artian semua file yang telah di hapus akan masuk ke recycle bin sebelum akhirnya terhapus permanen.

Jika anda menemukan file yang tidak segaja terhapus tadi, anda bisa mengklik kanan pada file tersebut dan klik "restore". Dan setelah anda mengkliknya, maka file tersebut akan kembali ke folder asal nya. Anda bisa mengecek letak file tersebut sebelum terhapus.

Nah jika artikel ini adalah membahas tentang bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di komputer, pada artikel saya selanjutnya adalah mengulas bagaimana cara menghilangkan virus di laptop atau komputer yang menyebabkan file seolah olah terhapus, padahal file tersebut tersembunyi.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Komputer
Gb. Mengembalikan File Terhapus

Contoh dari gambar diatas, misalkan saya ingin mengembalikan folder Youtube, saya mengklik kanan pada folder tersebut, dan selanjutnya klik Restore. Dengan begitu file yang saya ingin kembalikan akan terlihat pada folder sebelum file itu di hapus.

2. Manfaatkan Fitur Windows Restore Previous Version


Selanjutnya anda bisa menggunakan fitur yang sudah disediakan dalam PC / Laptop anda, jika anda memang ingin menggunakan cara ini. Pastikan komputer anda sudah pernah di backup.

Karena fitur ini memang membutuhkan data backup untuk mengebalikan folder yang terhapus. bagaimana cara kerjanya ?

Jika anda sudah membackup komputer anda, maka file anda akan tersimpan di disk tempat backup tadi, dan jika kalian menggunakan fitur "Restore Previous Version" ini anda bisa mengklik kanan pada folder tempat file anda di letakan yang terhapus tadi.

 
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Komputer
Gb. Mengembalikan File Terhapus


Contoh, file yang terhapus adalah file dengan judul "Pyruos" dan letak file pyruos tadi adalah di folder "Blog". Nah, anda bisa mengklik kanan pada folder "Blog" dan klikrestore previous version, maka akan muncul beberapa backpup yang telah anda lakukan sebelum nya.


EmoticonEmoticon