Wednesday, July 5, 2017

Cara Menghilangkan Virus di Laptop atau Komputer

ADS IN HERE

ADS IN HERE
Virus yang terdapat pada komputer / laptop ini memang cukup meresahkan untuk sebagian orang. Karena virus ini adalah salah satu dari beberapa malware / program jahat yang dapat menggandakan diri dan menyebar luas di koputer / laptop tanpa sepengetahuan sang pemilik.

mengapa komputer tiba tiba hang / lag ?, mengapa data file tiba tiba hilang?, mengapa disaat startup ataupun rebot terasa lebih lambat ?, mengapa beberapa aplikasi di laptop tidak bisa dibuka ? mengapa muncul beberapa file dengan nama aneh di laptop ? mengapa laptop saya tidak bisa mengakses internet padahal jaringan tidak bermasalah ?

Nah pertanyaan pertanyaan diatas adalah beberapa kendala jika memang komputer / laptop anda sudah terkena virus, maka dari itu setelah anda menginstal komputer sebaiknya anda memberikan / menginstal antivirus yang menurut anda memang cukup baik.

Karena mencegah lebih baik daripada mengobati haha. Mencegah datang nya virus ternyata lebih mudah daripada membersihkan virus. Nah, rekomendasi antivirus yang menurut saya bagus adalah avast, smadav (untuk flasdisk yang masuk ke pc / laptop) dan baidu.

Jika kalian sudah memasang antivirus itu, saya yakin komputer / laptop anda akan berjalan secara cepat dan maksimal. booting nya juga akan secepat kilat.

Namun bagi kalian yang belum sempat memasang antivirus dan ndelalah komputer / laptop anda terkena virus, anda bisa menggunakan cara dibawah ini untuk mengusir dan menghapus semua virus yang anda di komputer anda.

Baiklah, langsung saja simak ulasan mengenai cara menghapus virus di laptop / komputer :

1. Menghilangkan Virus Dengan Tanpa Antivirus


Menghilangkan virus yang sudah berdiam di komputer kita itu tidak melulu harus menggunakan antivirus, ternyata menggunakan CMD juga bisa.

Namun, jika menggunakan CMD, virus yang terhapus adalah virus jenis shorcut. Dan juga semua file yang terhiden oleh virus shorcut tadi akan dimunculkan kemabali. Namun, cara ini hanya bisa diterapkan di komputer / laptop yang terinstal windows 7

Nah pada artikel sebelum nya saya sudah membuat tulisan tentang bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di komputer, Kalian bisa saja menggunakan cara itu untuk mengembalikan file yang 'terhapus' bukan terhiden.

baiklah ikuti cara berikut.

1. Pastikan anda sudah memiliki laptop / komputer yang terinfeksi virus.
2. tekan Windows + R secara bersamaan, ini bertujuan untuk membuka apk .run
3. Setelah itu ketik cmd dan tekan enter
4. Maka CMD pun akan muncul dan kita siap untuk membasmi semua virus.
5. Lalu masukan lokasi drive yang terkena virus, misalkan lokasi nya adalah di drive D, maka ketik D: dan tekan enter. maka otomatis perintah selanjutnya yang akan anda lakukan di CMD adalah untuk drive D bukan lagi untuk Drive C.
6. drive D:\> akan muncul, ini tergantung apa yang kita ketik tadi di awal, jika kalian mengetik F: maka yang akan muncul adalah drive F:\>
7. Setelah itu ketikan attrib ­s ­h *.* /S /D di drive D tadi.
 
Cara Menghilangkan Virus di Laptop atau Komputer
Gb. Cara Menghapus Virus di Windows 7

Note : 
-s : ini digunakan untuk menghilangkan attribut tipe sistem file.
­-h : ini berfungsi untuk menghilangkan attribut tipe hidden file (file yang disembunyikan).
* .* : kode untuk men scan semua file/folder yang ada pada Harddisk atau Flasdisk anda.
/s : kode ini berfungsi untuk memproses seluruh folder dan sub folder yang ada
/d : dan kode ini berfungsi untuk memproses folder. 


Perlu anda perhatikan, cara ini akan berfungsi jika memang laptop / komputer anda terinveksi virus shorcut. Dan jika kalian sudah menerapkan cara ini, maka semua file yang terhiden oleh virus akan dimunculkan kembali.

Menghilangkan Virus Dengan Menggunakan Antivirus


Nah jika kalian memang menginginkan hasil yang maksimal, anda bisa menghapus virus yang ada di pc anda dengan menggunakan antivirus.

Untuk saat ini banyak sekali antivirus antivirus yang gratis tapi tidak kalah saing dengan yang berbayar. contohnya adalah AVG, Avira, Avast, Baidu, Sistem Ninja, Smadav, 360 Protection, Norton, dll.

Gb. Antivirus Terbaik 2017

Biasanya antivirus ini akan segera menghapus semua virus yang terdeteksi olehnya. Nah bagaimana jika ada virus yang tidak terdeteksi ? jika ada masalah seperti itu, anda bisa melakukan scan total (menggunakan avast).

Namun jika memang virus tersebut tidak membahayakan dan tidak terlalu berpengaruh kepada komputer anda, saya sarankan tidak usah melakukan scan total. Karena scan total ini bisa saja menghapus aplikasi atau data yang penting yang menurut mereka adalah meupakan virus.

Atau jika kalian ingin menhapus virus yang ada pada suatu disk tertentu atau flasdisk. Anda bisa melakukan scan dengan cara klik kanan pada disk / drive yang anda inginkan dan klik scan with "antivirus yang anda miliki". 

contoh : Anda ingin membersihkan virus yang ada pada local disk D, maka klik kanan pada disk D dan klik scan with......

Maka proses pembersihan virus pun akan berjalan dengan sendirinya, dan jika memang ada virus yang terdeteksi, virus virus tersebut akan masuk kedalam folder karantina di antivirus tersebut. Dalam artian, virus tersebut sudah diamankan oleh antivirus yang anda miliki.

Demikian adalah cara menghilangkan virus pada laptop yang dapat saya ulas kali ini, jika memang ada kekurangan saya mohon maaf yang sebesar besarnya. Dan jika kalian memiliki pertanyaan, silahkan tanyakan di kolom komentar. Terimakasih.


EmoticonEmoticon