Thursday, July 27, 2017

Cara Mudah Format Flasdisk Dengan Benar

Bagaimana Cara Format Flashdisk Yang Benar ?


Sebenarnya banyak sekali cara format flashdisk, anda bisa menggunakan cara format flashdisk dengan CMD ataupun menggunakan cara lain nya yang akan saya jelaskan disini.

Setiap orang pasti memiliki alasan tersendiri kenapa ia lebih memilih untuk memformat flashdisk nya itu sendiri. Ada yang memiliki alasan karena flashdisk nya error, ada yang memiliki alasan ingin menghapus semua datanya dengan cepat, dan berbagai alasan alasan lain nya.

Nah maka dari itu, saya disini akan menjelaskan bagaimana sih cara memformat flashdisk yang benar itu. Sebenarnya jika kalian sudah mengerti fungsi dari komputer dan mengerti bagaimana cara pengoperasian komputer itu sendiri maka anda akan sangat mudah memformat flashdisk tanpa mencari bantuan tutorial ini di dalam internet.

Oke baiklah, sebelum anda memformat flashdisk anda, silahkan pindahkan semua file file yang sekiranya sangat penting bagi anda ke disk komputer atau ke flashdisk lain nya. Karena seperti yang kalian ketahui, jika kalian memformat flashdisk anda maka otomatis semua file yang ada di flahsdisk bahkan virus sekalipun akan terhapus.

Dan pastikan juga bahwa file penting yang ada di flashdisk anda tidak ada yang terhiden dan anda lupa untuk memindahkan nya dan akibatnya file tersebut terhapus. Silahkan baca : cara menyembunyikan dan menampilkan file yang disembunyikan.

Oke jika kalian sudah benar benar memindah semua file file tersebut, maka kita akan segera memulai langkah langkah formating ini.

Langkah Langkah Format Flashdisk Yang Benar


Pertama tama yang harus anda perhatikan adalah bahwa anda sudah memiliki komputer / laptop dan juga flashdisk yang ingin anda format hehe.

Jika kalian sudah memastikan bahwa kalian memiliki semua itu, silahkan nyalakan / turn on komputer atau laptop anda terlebih dahulu.

Selanjutnya, masukan atau colokkan flashdisk anda ke port USB yang ada di komputer / laptop anda.

Setelah terbaca, maka silahkan ikuti tutorial selanjutnya dibawah ini, namun jika flashdisk anda error dan tidak terbaca oleh komputer, maka silahkan baca : Cara memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Masuk ke komputer, maka disitu akan terlihat disk flashdisk anda.

Lalu silahkan klik kanan pada flashdisk anda, dan klik Format

Cara Mudah Format Flasdisk Dengan Benar
Gb. Cara Format Flashdisk

Didalam menu File System, silahkan ubah menjadi NTFS, dan klik Start. Namun jika ada kesalahan atau error, di dalam File System, silahkan ubah menjadi FAT 32 (Default) dan klik start. Namun sebaiknya jika kalian melihat sistem file yang ada pada flashdisk anda terlebih dahulu untuk melakukan formating, ini bertujuan untuk menentukan pilihan file system pad menubar format yang akan dilakukan. Anda bisa melihatnya di bar bawah pada Computer jika kalian mengklik flashdisk anda. Disitu tertera, ukuran atau kapasitas total flashdisk anda dan juga kapasitas free / kosong pada flashdisk anda.

Cara Mudah Format Flasdisk Dengan Benar
Gb. Cara Format Flashdisk 2

Maka proses fotmat akan berjalan dengan sendirinya, silahkan tunggu beberapa saat. Jika proses formating sudah selesai maka akan muncul tab seperti ini, silahkan klik OK.

Cara Mudah Format Flasdisk Dengan Benar
Gb. Cara Format Flashdisk 3

Dengan begini, flashdisk anda sudah berhasil di format, silahkan ubah nama flashdisk anda seperti semula atau terserah anda (bebas).

Oke baiklah, itu saja artiket tentang bagaimana cara format flashdisk dengan benar yang bisa saya tulis kali ini, kurang lebihnya mohon maaf, jika kalian masih belum paham silahkan bertanya di kolom komentar, secepat nya akan saya balas pertanyaan anda, terimakasih.

4 comments

saya sudah format flashdiksnya tapi kembali lagi oenyakitnya mas yaitu kena virus yang sama

wah itu mungkin dari flashdisk nya yang kurang bagus om,, coba beli flasdisk yang original.. atau coba gunakan antivirus Smadav di laptop sampean mas

flashdiks saya pernah rusak dan ngak kebaca, tapi setelah di format kembali normal, namun yang anehnya ketika di isi data, eh, malah ngulah lagi mas, itu apa ya sebabnya

penyebab nya bisa dilihat mas
1. kualitas atau tingkatan kelas flashdisk nya rendah (setiap drive itu punya kelas, tentunya semakin tinggi kelasnya semakin mahal)
2. induk / komputer yang di gunakan memang sudah terinveksi virus mas , sehingga flashdisk apapun yang masuk tanpa anti virus pada flashdisk, maka flash disk akan terkena virus juga
3. data yang di peroleh dari warnet yang tidak sehat (pengamanannya kurang ketat)

saya saran kan di flasdisk dan di komputer dipasang anti virus AVG


EmoticonEmoticon