Tuesday, July 25, 2017

Cara Mudah Format Flashdisk Dengan CMD (Command Prompt)

Bagaimana Cara Memformat Flashdisk yang Benar ?


Banyak sekali cara yang dapat kalian gunakan untuk memformat suatu penyimpanan disk yang ada pada komputer anda. Anda bisa menggunakan cara langsung dengan menggunakan beberapa klik klik atau bisa juga dengan menggunakan CMD. Selain menggunakan CMD, ternyata ada Cara Mudah Format Flashdisk Dengan Benar yang lain nya.

Seperti yang kita ketahui, CMD ini adalah salah satu fitur yang mana fitur ini bisa mengendalikan komputer anda dengan memasukan perintah apa saja.

Namun, ada beberapa fitur yang tidak dapat di akses jika menggunakan CMD user, tapi anda bisa melakukan cara menggunakan CMD sebagai administrator.

Seperti pada tutorial kali ini, saya akan membahas bagaimana cara format flashdisk menggunakan CMD dan cara lain nya yang memungkin kan. Namun, dari kebanyak pengguna komputer itu selalu melakukan format pada flashdisk nya dengan cara asal.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum format flashdisk anda. Yang pertama, anda harus mengetahui bahwa jika anda melakukan format pada flashdisk anda, semua file yang ada di dalam flashdisk tersebut akan terhapus dan file tersebut tidak dapat di kembalikan lagi, termasuk jika didalam flashdisk anda terdapat virus, maka semua virus yang ada akan segera terhapus juga.

Yang kedua, biasanya jika kalian melakukan format pada flashdisk anda, kapasitas yang ada pada flashdisk tersebut akan berkurang setidaknya 1 MB.

Yang ketiga, pastikan semua file file penting yang ada di dalam flashdisk anda sudah anda pindahkan terlebih dahulu ke disk lain nya.

Cara Mudah Format Flashdisk Dengan CMD (Command Prompt)
Gb. Flashdisk

Baiklah, jika kalian sudah memastikan ketiga perkara tersebut tuntas, anda bisa melakukan cara dibawah ini utnuk format flashdisk anda.

Cara Format Flashdisk Menggunakan CMD (Command Prompt)


Dengan menggunakan cara ini, anda hanya melakukan beberapa langkah dan memasukan beberapa perintah saja kedalam CMD ( Command Prompt ). Langsung saja simak cara dibawah ini.

Seperti biasanya, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa anda memiliki komputer / laptop dan juga flashdisk hehe.

Selanjutnya, nyalakan komputer dan atau laptop anda. Dan jika suda sampai ke desktop, silahkan colokkan flashdisk anda ke port USB yang ada.

Setelah terbaca ke komputer, silahkan masuk ke CMD Sebagai Admin ( Baca : Cara Membuka CMD (Command Prompt) Sebagai Administrator ). Namun jika flashdisk anda mengalami kerusakan atau error dan tidak dapat terbaca oleh komputer silahkan baca Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Setelah masuk kedalam CMD, silahkan masukan perintah atau ketik diskpart tunggu beberapa saat maka anda akan dimintai perintah lanjutan, silahkan masukan perintah list disk.

Nah disitu anda akan melihat disk apa saja yang ada pada komputer atau laptop anda. Dan juga anda bisa melihat kapasitas disk tersebut.

Setetah itu, ketikan atau masukan perintah select disk 3 dan tekan enter. Note : Di dalam komputer saya, disk flashdisk terdapat pada disk 3, maka saya memilih disk 3, Lalu bagaimana saya tahu bahwa flashdisk saya itu ada di dalam disk 3 ? Oke, silahkan lihat kapasitas yang ada pada flashdisk anda. Jika Flashdisk anda berkapasitas 4 GB, maka carilah disk yang besar kapasitas nya adalah 4000 MB. ( Baca : Cara Melihat Kapasitas Flashdisk Yang Asli / Real ) Note : Anda jangan sampai salah memilih disk, karena ini bisa berakibat fatal, jangan sampai disk D yang merupakan isi file penting anda terhapus karena hal konyol seperti ini hehe.

Setelah ada tulisan Disk 3 is now the selected disk. dibawah perintah anda sebelumnya, silahkan ketik lagi atau masukan perintah lagi berupa kata clean dan tekan enter.

Cara Mudah Format Flashdisk Dengan CMD (Command Prompt)
Gb. Cara Format Flashdisk Melalui CMD

Maka semua file anda sudah terhapus, namuna masih ada beberapa langkah lagi yang harus anda lakukan.
Baca juga : Cara Merubah Warna Tulisan dan Background pada CMD
Silahkan ketik list disk kembali, maka disk yang sudah anda bersihkan tapi akan ada tanda (*) di depan nya.

Silahkan ketik lagi create partition primary lalu ketik lagi active

Langkah selanjutnya adalah langkah untuk melakukan format dengan mengguakan  sistem NTFS silahkan ketik FS=NTFS label=Pyruos quick anda bisa mengubah kata Pyruos untuk mengubah nama flashdisk anda. 

Lalu langkah terkahirnya adalah silahkan ketikan perintah terkahir dengan kalimat assign letter=P kamu bisa mengubah P dengan huruf apapun yang kalian inginkan.

Maka flashdisk anda sudah benar benar bersih dan anda berhasil memformat flashdisk anda.

Cara Mudah Format Flashdisk Dengan CMD (Command Prompt)
Gb. Cara Format Flashdisk Melalui CMD

Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini, kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar besar nya, jika ada penjelasan yang kurang jelas sehingga anda masih belum paham, silahkan tanyakan pertanyaan apapun dikolom komentar, secepat nya akan saya balas. terimakasih


EmoticonEmoticon